Senin, 12 Januari 2009

DFD

Tugas/Project Model:
1. Pada hakekatnya hampir semua aktivitas dapat kita gambarkan dalam bentiuk DFD. Untuk itu buatlah sebuah DFD yang menyangkut aktivitas anda sekolah di D4 MA. Tuliskan setiap asumsi yang anda gunakan.
2. Pimpinan anda pada Unit “X” ingin mendapatkan laporan Proyek “Y” setiap akhir bulan. Pandanglah system tersebut sebagai elemen lingkungan. Anda diminta membuat diagram kontek (DFD level 0, dan level n). Data-data dapat anda kembangkan dengan menggunakan asumsi. Harap dituliskan pada catatan tersendiri asumsi yang digunakan.
3. Carilah pada buku-buku sebuah model matematika. Buat rumusnya dan berikan simulasi (contoh penggunaan dengan menggunakan excel).
4. Sebuah pemda merencanakan membangun pasar bekerja sama dengan pihak swasta, sistem BT (Bangun Transfer). Buatlah DFD mulai dari Studi kelayakan sampai pasar tersebut siap dijual kekonsumen. Untuk mempermudah pengerjaan, tulis setiap asumsi yang digunakan.Catatan: Jawaban no. 2 dan 3 dipresentasikan didepan kelas.
1. AKTIVITAS KULIAH D4 MANAJEMEN ASET

2. DFD LAPORAN PROYEK PEMBANGUNAN JALAN






3. MODEL MATEMATIKA
Net Present Value (NPV)
Net Present Value adalah mengukur nilai sekarang dari Cashflow dikurangi dengan NICO. n CFt NPV = å ---------- - NICO t=1 (1 + i)t
t = waktu (th)
CFt = cashflow pada periode t
n = estimasi periode projek (Th)
i = tingkat return yang diharapkan
NICO = arus kas ke luar bersih (net investment cash outflows)
Berbeda dengan IRR yang menghitung tingkat persentase, maka NPV menghitung jumlah rupiah
Kriteria layak atau tidaknya suatu projek menurut metoda ini adalah bila :
1. NPV > 0, maka projek itu layak atau diterima
2. NPV < 0, maka projek itu tidak layak atau ditolakContoh : PT. X sedang mempertimbangkan untuk inves dana senilai $178,000 pada projek dengan usia 6 tahun dan tingkat bunga 25%, adapun cash inflow dari projek selama periode tersebut adalah sebagai berikut :

Dari hasil perhitungan dapat dilihat bahwa NPV projek itu adalah lebih besar dari 0 atau positif berarti projek itu layak atau diterima.Jadi bila projek ini diterima maka akan memberikan peningkatan pada kesejahteraan pemegang saham sebesar $ 23,778


4. DFD Level 1 Pembangunan Pasar Sistem Bangun Transfer








Tidak ada komentar: